Latest News

Bumbu Resep Daging Teriyaki Enak Sederhana dan Cara Membuatnya

Tips Cara Membuat Resep Daging Teriyaki Sederhana Supaya Empuk. Selain daging kambing, hari raya korban atau Idul Adha juga serupa dengan pembagian daging lembu dari surau atau masjid berhampiran rumah kita. Memang tidak selalu kita mendapat pembagian daging lembu, tetapi buat teman teman yang kebetulan mendapat bahagiannya dan bosan dengan masakan daging lembu yang biasanya, yuk kita olah menjadi daging teriyaki saja.

Resipi daging teriyaki sederhana ini atau banyak dikenal juga dengan resipi beef teriyaki memang tidak sepopular rendang daging, soto daging, daging lada hitam atau yang lain. Tetapi dengan rempah daging teriyaki yang tepat ditambah dengan lada apabila teman teman suka pedas, beef teriyaki ala hokben ini tidak kalah lazat berbanding dengan resipi yang lain.

Apalagi cara membuat daging bumbu teriyaki ini juga sangat mudah dan lebih mudah berbanding dengan resipi lembu yang lain. Selain itu kandungan pemakanan dan nutrisi di dalam daging lembu, seperti omega 3, selenium, zat besi, protein dan lain-lain sangat diperlukan oleh badan kita, terutama anak anak untuk menyokong perkembangan otak dan ototnya.

Buat teman teman yang belum tahu, resipi daging teriyaki pedas enak dan mudah ini sebenarnya berasal dari negara sakura atau Jepun. Resipi daging ini sangat popular ketika salah satu restaurant Jepun terkenal, Hokben menjadikan resipi beef teriyaki sebagai salah satu menu utamanya. Rasanya yang manis lazat dengan rempah daging teriyaki yang sederhana ternyata menghasilkan citarasa yang luar biasa.

Walaupun resipi daging lembu teriyaki ini menggunakan herba yang boleh dibilang sederhana dan tidak menggunakan banyak rempah rempah rempah rempah seperti yang digunakan di resipi masakan daging lembu yang lain yang asli Indonesia, tetapi citarasanya memang benar benar enak dan lazat untuk dinikmati bersama sepiring nasi putih. Apalagi kalau kita menggunakan daging lembu pilihan sehingga saat dimasak dan hasil jadinya benar benar empuk dan disukai oleh segala usia.

Seperti juga resipi masakan Jepun lain, Resipi Daging Teriyaki ini pasa umunya rasanya juga sedikit pedas kerana menggunakan beberapa keping buah cili, lada dan lada serbuk sebagai bumbu utamanya. Kalau memang teman teman berniat untuk membuat hidangan beef teriyaki ini buat semua ahli keluarga, termasuk anak anak maka penggunaan buah cili dan lada bubuknya boleh dikurangkan atau dihilangkan. Seperti juga cara membuat resipi masakan Indonesia lain yang berbahan daging, daging lembu yang digunakan sebenarnya tidak perlu dicuci terlebih dahulu supaya tekstur daging lembu yang berserabut tidak rosak dan rasanya tetap empuk. Cukup direbus sambil kotoran yang muncul dibuang lalu diganti air bersihnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat bahan dan bumbu beef teriyaki apa saja yang diperlukan dan cara membuat daging teriyaki supaya empuk dan lazat.

Resep Daging Teriyaki
Resep Daging Teriyaki

Bahan bahan Dan Bumbu Resep Daging Teriyaki

  1. Bahan utama yang dibutuhkan adalah daging sapi yang masih segar kurang lebih sebanyak 600 gram saja. Sebaiknya menggunakan daging sapi yang kandungan lemaknya sedikit, seperti daging sapi has dalam, has luar, tanjung dan gandik.
  2. Kecap Teriyaki kualitas bagus kurang lebih sebanyak 8 sampai 9 sendok makan. Saus kecap ini memegang peranan penting, jadi sebaiknya benar benar memilih kecap yang berkualitas terbagus.
  3. Bawang bombay ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 pcs. Kupas kulit luar bombaynya lalu potong potong lebar per bagiannya.
  4. Cabai hijau besar kurang lebih sebanyak 5 buah atau sesuai selera. Cuci bersih, buang bijinya lalu iris iris kecil (bisa bentuk kotak atau persegi panjang).
  5. Buah paprika kalau suka kurang lebih sebanyak 1 buah saja (bisa dihilangkan kalau tidak suka pedas). Cuci bersih lalu potong potong juga sesuai selera.
  6. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 4 pcs. Kupas kulitnya lalu potong potong kecil atau dicincang kasar.
  7. Jahe ukuran sedang kurang lebih sepanjang 4 cm saja. Cuci bersih jahe, kupas kasar kulitnya lalu memarkan supaya aromanya mudah keluar saat dimasak nantinya.
  8. Merica halus atau bubuk kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil. Bisa dikurangi atau dihilangkan kalau tidak suka pedas.
  9. Garam dapur beryodium secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 1/2 sendok kecil saja.
  10. Gula pasir sedikit saja secukupnya sesuai selera.
  11. Minyak goreng atau sayur secukupnya atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan untuk menumis bumbu daging teriyaki.
  12. Air bersih secukupnya.

Cara Membuat Daging Teriyaki Enak Sederhana

  1. Langkah pertama siapkan panci dan beri air secukupnya. Masak sampai mendidih lalu masukkan daging yang akan digunakan.
  2. Masak daging sampai setengah matang dan hilangkan busa atau kotoran kotoran yang muncul (untuk membersihkan daging dan menggantikan proses mencuci dengan air).
  3. Buang airnya dan ganti dengan air baru. Masak air kembali sampai mendidih lalu masukkan daging diatas ke dalamnya.
  4. Rebus daging sapi yang digunakan untuk membuat resep daging teriyaki ini sampai empuk lalu angkat dan potong potong bentuk kotak kotak (kurang lebih sebesar 5cm-6cm saja).
  5. Setelah daging sapinya sudah empuk dan dipotong, siapkan wajan penggorengan dengan api sedang kecil lalu beri minyak goreng secukupnya.
  6. Masukkan bawang putih, bawang bomay, jahe yang sudah dimemarkan, paprika dan cabainya. Aduk aduk semua bumbu supaya tercampur rata sampai tercium bau harum khas tumisan.
  7. Masukkan daging sapi yang sudah empuk dan dipotong potong sebelumnya ke dalam wajan penggorengan.
  8. Aduk aduk supaya daging tercampur dengan bumbunya dan masak sampai meresap atau dagingnya berubah warna.
  9. Masukkan garam dapur beryodium, sedikit gula pasir, merica halus dan kecap teriyakinya. Aduk aduk sampai semua bahan tercampur rata.
  10. Tuang air bersih ke dalamnya (kurang lebih 500ml-600ml) dan aduk aduk supaya semua bahan tercampur rata.
  11. Masak sampai bumbu meresap ke dalam dagingnya sambil diaduk aduk lalu angkat.
  12. Sebelum dimatikan cicipi sebentar dan tambahkan saus kecap teriyaki atau garam dapur apabila diperlukan.
Kalau melihat dari tampilannya, masakan daging sapi dengan bumbu teriyaki ini memang kelihatan mewah dan mahal. Padahal sebenarnya bumbu yang digunakan dan cara membuat daging teriyaki ini sangat sederhana dan mudah bukan. Bahkan bisa dibilang lebih mudah dan sederhana dibandingkan resep daging sapi yang lainnya yang biasa kita buat untuk menu resep masakan di rumah. Yang perlu diingat walaupun kandungan lemak dan kolesterol daging sapi lebih sedikit,tetap saja buat teman teman yang menderita hipertensi, kolesterol, obesitas dan yang lainnya sebaiknya tidak mengkonsumsi resep beef teriyaki ini secara berlebihan ya. Semoga Tips Cara Membuat Resep Daging Teriyaki Sederhana Supaya Empuk ini bbermanfaat ya.