Latest News

Resep dan Cara Membuat Rendang Ayam Yang Nikmat dan Lezat

Cara Membuat Resep Rendang Ayam Pedas Khas Padang.Beberapa hari yang lalu, laman web kami telah membincangkan mengenai beberapa macam variasi resipi rendang yang sudah terkenal kelezatannya, iaitu rendang daging padang dan rendang telu ayam. Untuk saat ini, kami akan membincangkan salah satu variasi resipi rendang yang juga sangat terkenal di tengah masyarakat Indonesia, yaitu masakan rendang ayam. Seperti cara membuat rendang padang yang lain, membuat rendang ayam juga menggunakan bahan dan bumbu rendang yang umum, seperti santan kental dari perasan buah kelapa, beberapa rempah khas Indonesia dan yang lain. Buat teman teman yang bosan dengan resipi ayam yang biasa, resipi kali ini sesuai sekali untuk dicuba, pasti anak anak dan ahli keluarga yang lain suka.

Rendang memang merupakan salah satu resipi masakan Indonesia yang sangat terkenal sekali, bukan cuma di negara kita bahkan sampai keluar negeri. Resipi yang asalnya berasal dari daerah Padang ini memang sudah menjamur dan tersebar hampir di semua wilayah negara kita. Dengan perpaduan bumbu bumbu rempah alami dan daging ayam yang bekualitas baik, resipi rendang ayam memang boleh dijadikan menu kegemaran baru buat keluarga kita. Rasanya yang lazat dan khas yang berasal dari santan kelapa dan parutan kelapa yang disangrai sesuai sekali untuk teman makan nasi hampir disetiap waktu, makan pagi, siang ataupun makan malam.
resep masakan rendang ayam
resep masakan rendang ayam
Seperti variasi resipi rendang yang lain, untuk membuat rendang ayam padang istimewa harus menggunakan bahan bahan yang berkualiti. Teman teman boleh menggunakan ayam kampung atau ayam potong asal kualitinya bagus dan masih segar. Jangan menggunakan daging ayam yang sudah lama kerana tekstur dagingnya akan sedikit lembik dan pasti akan membuat masakannya nanti sedikit berubah rasanya. Untuk variasi, teman teman boleh menambah bahan sayuran yang lain, seperti kacang merah, kentang, tahu ataupun bahan yang lain. Oke, untuk lebih jelasnya, silahkan melihat cara membuat rendang dan bahan bahan yang diperlukan di bawah ya.

Bahan dan Bumbu Resep Rendang Ayam Pedas

  1. Bahan utama yang dibuutuhkan adalah 1 ekor ayam ukuran sedang (kurang lebih sekitar 800 gram-1 kg). Cuci bersih, tiriskan dan potong potong sesuai selera (8-12 bagian).
  2. Kentang mini sebagai bahan tambahan kurang lebih sekitar 150 gram. Bisa dihilangkan atau diganti dengan yang lain apabila suka.
  3. Santan kental yang berasal dari perasan buah kelapa kurang lebih sebanyak 500 ml. Biasanya membuatuhkan kurang lebih 1.5 – 2 buah kelapa yang diparut.
  4. Santan encer kurang lebih sebanyak 1 1/4 liter. Bisa diambil dari sisa parutan kelapa untuk membuat santan kentalnya.
  5. Parutan buah kelapa untuk campuran kuah rendangnya kurang lebih sebanyak 100 gram saja. Sangrai dulu, tapi jangan sampai gosong.
  6. Serai kurang lebih 2 pcs. Ambil batang bagian putihnya saja lalu dimemarkan supaya mudah meresap dengan bumbu lain.
  7. Daun jeruk kondisi segar bagus sebanyak kurang lebih 5 lembar. Buang bagian batang dan ambil daunnya saja.
  8. Asam kandis kurang lebih 2 pcs.
  9. Daun kunyit ukuran sedang kurang lebih sebanyak 2 pcs saja.
  10. Bawang merah ukuran sedang besar sebanyak 12 siung. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan (bumbu halus).
  11. Buah cabai merah besar kurang lebih sekitar 70 gram. Bisa diperbanyak apabila benar benar suka pedas (bumbu halus).
  12. Buah Cabai merah keriting yang pedas kurang lebih sebanyak 90-110 gram. Bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera (bumbu halus).
  13. Bawang putih ukuran sedang besar sebanyak 4 pcs. Sebaiknya menggunakan bawang lokal. Kupas kulitnya juga sebleum dihaluskan (bumbu halus).
  14. Ketumbar biasa kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil atau sendok teh (bumbu halus).
  15. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm saja (bumbu halus).
  16. Kunyit ukuran sedang besar kurang lebuh sepanjang 3 cm. Kupas dulu sebelum digunakan (bumbu halus).
  17. Gula merah yang sudah disisir tipis tipis sebanyak kurang lebih 1 sendok teh saja (bumbu halus).
  18. Merica sedikit saja (kurang lebih cuma butuh setengah sendok teh) (bumbu halus).
  19. Lengkuas ukuran sedang kurang lebih sepanjang 3 cm (bumbu halus).
  20. Garam dapur beryodium secukupnya (kurang lebih sekitar 1 sendok makan untuk bumbu halus).

Cara Membuat Rendang Padang Enak

  1. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menghaluskan bumbu bumbu yang akan ditumis.
  2. Haluskan cabai merah, cabai keriting, lengkuas, bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, ketumbar, gula merah dan garamnya sampai benar benar halus.
  3. Siapkan satu wajan ukuran agak besar. Beri sedikit minyak dan masukkan bumbu rendang yang sudah dihaluskan diatas ke dalamnya. Aduk aduk sebentar sampai tercium bau harum.
  4. Masukkan santan encer yang sudah dipersiapkan sebelumnya ke dalam wajan tadi. Aduk aduk sampai tercampur dengan bumbu halusnya.
  5. Masukkan daun kunyit, asam kandis yang sudah dipersiapkan, daun jeruk yang sudah dibuang batang daunnya dan batang serai. Aduk aduk semua bahan sampai mendidih. Jangan sampai lupa mengaduk supaya santan tidak pecah.
  6. Masukkan daging ayam yang sudah dipotong potong sesuai selera. Kecilkan api dan aduk aduk supaya bumbu cepat meresap ke dalam ayamnya.
  7. Saat daging ayam sudah agak empuk, masukkan bahan bahan tambahan (kentang yang sudah dipotong potong, tahu atau yang lainnya). Aduk aduk lagi supaya semua bumbu meresap sempurna.
  8. Setelah bumbu rendang sudah agak menyusut, masukkan santan kental dan kelapa parutnya. Aduk aduk lagi supaya semua bahan tercampur sempurna.
  9. Cicipi dulu masakan rendang ayamnya. Kalau kurang gurih, bisa ditambahkan garam dapur sesuai selera. Masal lagi sampai agak kering.
Bagaimana menurut teman teman cara membuat rendang ayam sederhana di atas? Cukup mudah kan. Seperti resep rendang yang lain, memasak Resep Rendang Ayam memang membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Tetapi saat sudah jadi, waktu dan tenaga yang sudah dikeluaran benar benar terbayar saat menikmati salah satu resep ayam ini.