Latest News

Resep Ikan Bakar Cianjur Enak dan Cara Membuatnya

Cara Membuat Resep Ikan Bakar Cianjur Spesial Tahun Baru. Teman teman pecinta kuliner Indonesia pasti sudah paham betul bagaimana cita rasa dan kelazatan masakan ikan bakar Cianjur. Ya, salah satu di daerah Sunda itu memang terkenal sekali dengan berbagai macam resipi masakan Cianjur yang sudah terbukti kelazatan rasanya, mulai dari Sate Maranggi, ikan bakar cianjur, resipi ikan pesmol cianjur, ikan gurame cianjur dan yang lain. Selain daging ikannya yang empuk, rempah ikan bakar khas Sunda ini memang khas sekali. Dari aroma yang keluar dari resepi ikan bakar cianjur saja boleh membuat perut keroncongan.

Buat teman teman yang kebetulan tinggal di bandar besar tentu dengan mudah boleh mencari resturan dan rumah makan yang menyajikan masakan ikan bakar cianjur ini, seperti ikan bakar cianjur Fatmawati, ikan bakar Fatmawati dan yang lain. Tetapi tentu saja kita harus merogoh kocek dalam dalam untuk boleh menikmati hidangan resipi ikan gurame bakar khas Cianjur ini. Penyelesaian paling murah adalah membuat sendiri resepi ikan bakar cianjur di rumah. Teman teman tidak perlu bimbang, cara bakar ikan dan cara membuat ikan bakar cianjur tidak terlalu susah kok. Teman teman juga boleh mengolah berbagai macam jenis ikan dengan bumbu ikan bakar khas daerah Sunda ini. Apalagi sebentar lagi tahun baru. Pasti membuat acara bakar ikan di rumah bersama teman teman dan keluarga lebih mengasyikan apabila kita tahu bagaimana membuat ikan bakar yang enak dan lazat.

Resepi ikan bakar cianjur dan ikan pesmol cianjur memang terkenal dengan makanan istimewa dan keempukan daging guramenya. Tidak hanya di kulit luar, makanan istimewa bumbu ikan bakar nya terasa sampai ke bahagian yang paling dalam. Apalagi kalau dimakan bersama sambal kicap, pasti dijamin semua akan ketagihan. Daripada kita beli, lebih baik kita bikin sendiri yuk ikan gurame bakar istimewa khas cianjur ini. Cara membuat nya tidak terlalu sukar kok dan rempah ikan bakar nya juga mudah didapati. Untuk lebih jelasnya, silahkan melihat detail dibawah.
Resep Ikan Bakar Cianjur
Resep Ikan Bakar Cianjur

Bahan dan Bumbu Resep Ikan Bakar Cianjur

  1. Ikan Gurame ukuran sedang besar atau sekitar 400 gram sampai 500 gram sebanyak 2 ekor. Gunakan ikan yang masih segar supaya hasilnya empuk. Ikan bisa diganti dengan ikan nila atau ikan air tawar yang lain.
  2. Bawang putih ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 3 siung. Kupas kulitnya sebelum dihaluskan.
  3. Buah cabai merah besar kurang lebih sebanyak 3 pcs. Bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera.
  4. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 6 pcs saja. Kupas kulitnya sebelum digunakan. Kalau bisa gunakan bawang merah lokal karena aromanya lebih kuat.
  5. Ketumbar butir kurang lebih sebanyak 2 sendok teh saja.
  6. Buah Cabai merah rawit merah kurang lebih sebanyak 2-3 pcs. Bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera.
  7. Jahe ukuran sedang besar kurang lebih sepanjang 2 cm. Kalau bisa bakar sebentar supaya lebih enak saat di masak nanti.
  8. Air jeruk nipis kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil atau sendok teh.
  9. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 1 sendok makan saja.
  10. Kecap manis kental kurang lebih sebanyak 5 sendok makan. Gunakan kecap yang berkualitas bagus supaya hasilnya lebih enak dan legit.
  11. Garam dapur yang mempunyai kandungan yodium kurang lebih sebanyak 2 sendok kecil. Satu sendok untuk merendam ikan dan satu sendok lagi untuk campuran tumisan bumbu ikan bakar.
  12. Minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu halusnya (kurang lebih butuh sekitar 3-4 sendok makan saja).

Cara Membuat Ikan Gurame Bakar Cianjur

  1. Cuci bersih ikan gurame atau ikan yang lain yang sudah dipersiapkan diatas dan buang bagian dalamnya. Potong tipis atau kerat bagian kulit luarnya supaya bumbu ikan bakar meresap sampai lapisan daging paling dalam.
  2. Cuci bersih juga semua bahan lain sebelum digunakan.
  3. Ambil satu wadah lonjong (sepanjang ikan yang akan digunakan). Masukkan air jeruk nipis dan satu sendok garam dapurnya.
  4. Rendam ikan sebantar (kurang lebih selama 15-17 menit) dan bolak balik sebentar supaya bumbu benar benar meresap ke dalam daging ikan.
  5. Sambil menunggu ikan direndam di air jeruk, haluskan berbagai macam cabai yang sudah disiapkan, ketumbar, jahe, bawang merah, bawang putih dan beri garam dapur satu sendok kecil. Haluskan semua bumbu untuk tumisan.
  6. Siapkan penggorengan dan beri minyak secukupnya. Hidupkan kompor dengan api sedang kecil dan tumis bumbu bumbu diatas. Aduk aduk sampai tercium bau harum tumisannya.
  7. Masukkan air asam jawa yang sudah dipersiapkan. Aduk aduk sebentar supaya bahan tercampur dengan bumbu lain.
  8. Matikan kompor dan masukkan kecap manis kental kurang lebih sebanyak 5 sendok makan. Aduk aduk supaya tercampur rata dengan bahan lain.
  9. Olesi ikan dengan campuran bumbu ikan bakar diatas sampai benar benar rata dan semua bagian terlapisi oleh bumbunya.
  10. Siapkan temmpat bakaran dan tunggu sampai arang benar panas menjadi bara api.
  11. Panggang ikan gurame bakarnya. Sekali kali dibalik dan dilapis bumbu diatas. Ulangi sampai ikan benar benar matang dan empuk.
Ternyata mudah kan cara membuat ikan bakar gurame bakar khas cianjur diatas. Resep Ikan Bakar Cianjur paling enak kalau dimakan bersama nasi putih panas ditambah dengan sambal kecap yang terbuat dari tomat yang dipotong kecil kecil, cabai merah, cabai rawit, bawang merah dan jeruk nipis. Selain cocok untuk acara di malam tahun baru nanti, resep masakan ikan ini juga bisa digunakan untuk berbagai macam acara yang lain.